Kamis, 14 Juli 2011

Apa INDONESIA ini NEGARA KITA????

Ada sebuah perusahaan Amerika sedang melakukan pembangunan besar pada sebuah pabrik. Si direktur menyuruh seorang karyawannya untuk mengumpulkan semua perusahaan di seluruh dunia yang mau menggarap proyek besar ini. Mulai dari Inggris, Jepang, Australia sampai ada sebuah perusahaan dari Indonesia. Si direktur Perusahaan Amerika yang memiliki proyek besar ini menyerahkan pemilihan perusahaan yang mengerjakan proyek besar ini kepada karyawannya. Si karyawan ini akhirnya melakukan pekerjaannya dengan baik. Dia mulai melakukan penawaran ke beberapa negara. Ia mulai dari Inggris.
Karyawan Perusahaan : Hay, kau pengusaha Inggris. Untuk proyek sebesar ini mau berapa duit kamu ?
Si Inggris : Alah Pak, murah aja lah. Karena kau temanku aku kasih harga $5500 aja lah.
Karyawan Perusahaan : Wew, Mahal pulak kau ini sama kawan sendiri.
Si Inggris : Alah Pak Murah lah itu. Macam mana kau ini, kedelai saja harga sudah naik apalagi bahan bangunan macam semen dan batu bata.
Karyawan Perusahaan : Walah mahal kali tuh. Ya udahlah, tak jadi pakai perusahaanmu aku.Si Inggris : Wah macam mana pulak kau ini. Saudara sendiri kau tolak. Ya udahlah saya pulang ke Inggris dulu.
Akhirnya pun si perusahaan kontraktor inggris ini pulang ke kampung halamannya di Inggris sana. Si karyawan ini tidak menyerah untuk mencari perusahaan kontraktor yang murah meriah untuk membuat sebuah proyek besar milik perusahaannya itu. Lalu ia melanjutkan lagi wawancara dan tawar menawarnya dengan 3 perusahaan lagi. Akhirnya wawancara kedua dengan perusahaan kontraktor milik Australia.
Karyawan : Piye mas, minta bayaran berapa nih untuk proyek saya ini ?
Si Australia : Ealah murah wae lah. Karo kowe pokoke tak wehi rega murah.
Karyawan : Hmmm…..Murah ? murah berapa yah ?
Si Australia : Cukup bayar $4500 wae lah. Kacek $1000 karo wong inggris mau aku.
Karyawan : Wew…… ( Sambil berpikir-pikir karena dinilai masih kemahalan). Wah masih kemahalan tuh mas. Jangan selisih $1000 dong. Paling ga selisih harga setengahnya kan lumayan juga.
Si Australia : Kepriben sampeyan menika mas. Diwehi murah malah rak gelem. Yowes ta, aku cuman wani kacek $1000 tok. Yowes tak mulih sik nang negoro ku. Bye-bye.
Belum nyerah juga si Karyawan dalam menawar harga pada para kontraktor dari berbagai negara itu. Sekarang ini tinggal dari jepang dan Indonesia yang masih belum diwawancarai. Setelah si Karyawan ini berpikir-pikir akhirnya sekarang giliran jepang dulu aja. Kontraktor Indonesia dikasih urutan terakhir aja.
Karyawan : Arigato, Pak jepang. Gimana setelah anda tahu 2 kontraktor dari inggris dan australia dengan harga segitu tak tolak. Berapa harga yang anda mau untuk proyek besar saya.
Si Jepang : Arigato, juga Pak Amerika. Kalo saya sih dengan kualitas sama, saya yakin 100% harga saya lebih murah dari siapapun. Dan kualitas kami tidak akan kalah dari siapapun. Kami kasih harga US$ 500
Karyawan : Wew…..(pikirnya murah amet euy !!!! ). Mantap tuh harganya, eh tapi bisa kurang ga ?
Jepang : Tidak bisa pak. Kalo berkurang US$1 aja kualitasnya akan berbeda. Kami sangat menjaga kualitas bangunan kami.
Karyawan : Ya udah deh. Ok anda tunggu bentar yah. Jangan pulang dulu ke jepang. Saya mau wawancara dulu dengan pihak kontraktor Indonesia dulu.
Karyawan dari perusahaan Amerika ini pun akhirnya mengajak kontraktor Indonesia diskusi dan melakukan sedikit wawancara untuk masalah harga.
Karyawan : Hay orang Indonesia, Sudah tahu kan kalo Inggris US$5500, Australia US$4500, sedangkan Jepang US$500. Kalo kamu sendiri gimana ? negaramu kan lagi butuh proyek dan butuh duit. Berapa harga, yang kamu hargain proyek saya ini ?
si Indonesia : Hmm…..Saya beda pak dalam memberikan harga. Yang jelas kita berdua akan untung besar. Khususnya kita berdua ini pak. Dijamin deh kualitas kayak jepang tapi kita untung besar. Tapi harganya mahal.
Karyawan : Hah…..(keheranan) Untung darimana saya ? kan mahal ? kok untung ? Berapa sih harga kamu.
si Indonesia: Ya saya bilang anda pasti untung. Saya tidak bilang perusahaan anda untung. Tapi anda. Harganya $6500
Karyawan : Wew (amat sangat heran) edan mahal amat. Jangan gila ah. Untung apa saya kalo harganya mahal banget gitu. Mana harga kamu ini lebih mahal dari 3 kontraktor tadi.
si Indonesia : Ah……U ga tau taktikku sih mas. Gini lo US$ 6500 itu perinciannya adalah US$ 3000 untuk anda dan US$ 3000 untuk saya. Nah yang US$500 itu buat jepang. Anda bilang aja ke direktur perusahaan anda bahwa harga termurah US$6500. Nah nanti biar proyek ini yang ngerjain jepang dengan harga US$500. Kita untung US$3000 kan. Gimana ide saya ? mantap ga nih ?
Karyawan : ????????? (cuman nyengir)
Tamat
Dari cerita diatas silakan baca dulu dan ambil hikmahnya dari sana. Meskipun ini cuman sebuah cerita yang tergolong lucu. Namun inilah keadaan dari negara ini. Kita tidak bisa mempungkirinya. Cuman ini saja komentar saya dari cerita diatas.

0 komentar:

Time is Experience...!!

Thanks 4 ur Comment Sobat...!!

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut